Intip 5 Strategi Jitu Giveaway Berkualitas!

Bahas giveaway berkualitas, kamu tentu nggak asing dengan Giveaway yang diadakan oleh figur publik, artis, hingga brand. Dari Baim Wong, Atta Halilintar, online shop, hingga ragam produk dari berbagai merk sudah marak menjadikan giveaway sebagai strategi marketing dan branding yang sukses menggaet khalayak. Pro-kontra tentu ada, namun seperti apa giveaway yang berkualitas?

Giveaway sendiri merupakan kegiatan dari brand perusahaan maupun perorangan dengan membuat kontes bagi-bagi hadiah secara gratis kepada orang-orang yang mengikuti dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan penyelenggara. Menurut data dari Google Primer, sebanyak 75% partisipan giveaway akan menjadi konsumen brand yang mengadakan giveaway tersebut di masa depan. Untuk meningkatkan penjualan, engagement rate, hingga traffic situs web brand kalian, Giveaway bisa menjadi opsi! Bukan tanpa sebab, giveaway adalah salah satu bentuk gamifikasi, atau menjadikan hal yang bukan permainan tapi menghibur audiens!

Secara umum, giveaway terbagi menjadi dua, sweepstakes (undian) berdasarkan keberuntungan, atau contest (adu kemampuan). Sebelum itu, ketahui dulu nih tipe-tipe audience yang mengikuti giveaway:

Berdasarkan tipe-tipe di atas, quiz hunter atau yang biasa disebut “kuter”, mengincar hadiah dari giveaway dengan membaca peluang dengan teliti. Beragam hadiah yang menarik juga menjadi faktor banyaknya kuter rela untuk mengeluarkan effort lebih. Walaupun begitu, semakin mahal hadiah, syarat untuk mengikuti giveaway akan semakin sulit. Tidak jarang audiens enggan mengikutinya. Seperti ungkapan salah satu warganet yang ogah mengikuti giveaway, “Walaupun hadiahnya ini memang menggiurkan, saya termasuk orang yang malas ikutan. Dan mungkin juga banyak orang lain yang berpikiran seperti itu.” Keadaan seperti ini justru dijadikan peluang oleh quiz hunter untuk mengikuti dan memenangkan giveaway tersebut. Cukup dengan bermodalkan kuota internet dan effort, para kuter ini dapat mendapatkan hadiah dengan untung yang berlipat ganda!

Setelah mengenal audience kamu wajib tahu cara jitu membuat giveaway yang berkualitas? Ada 5 Steps of Engaging Giveaway yang harus kalian tau.

  1. Tentukan goal dari giveaway. Sama halnya dengan meningkatkan awareness terhadap suatu brand, meningkatkan angka penjualan atau mendapatkan followers lebih banyak, kalian cukup pilih satu goal yang sesuai dengan objektif bisnis dan marketing kalian.

a. Produk atau layanan. Dalam menentukan hadiah tersebut, kalian dapat memilih hadiah yang relevan, eksklusif, dapat menyelesaikan masalah, serta dapat langsung digunakan. Contohnya, bercocok tanam menjadi salah satu hobi yang banyak yang dilakukan untuk menghabiskan waktu selama pandemi. Kalian dapat memberikan hadiah yang relevan dengan kondisi saat ini berupa seperangkat alat bercocok tanam dan bibit tanaman monstera.

b. Diskon produk atau layanan. Hadiah ini bisa diberikan sebagai hadiah utama dan pendukung, terutama bagi mereka yang sudah mengikuti giveaway namun belum memenangkan kegiatan tersebut. Kalian bisa memberikan diskon sebesar 5% untuk mereka. Cara tersebut secara tidak langsung membantu meningkatkan angka penjualan.

4. Tentukan mekanisme yang efektif dalam membuat giveaway. Berikut terdapat do’s and don’ts yang perlu diperhatikan.

Selain di atas, konten yang fun dan bersifat urgent akan lebih memikat dan membuat orang bertindak lebih cepat.

5. Maintain the hype. Terakhir, kalian dapat mengingatkan audience tentang giveaway yang berlangsung melalui hadiah secara bertahap. Kalian dapat berkolaborasi dengan KOL dan komunitas yang sesuai untuk mendapatkan audience yang berkualitas serta penggunaan Ads untuk meningkatkan engagement, loh! Fitur di Instagram seperti instagram story juga dapat dimaksimalkan untuk promosi kegiatan giveaway.

Giveaway bukan sekedar ajang untuk bagi-bagi hadiah, tapi ada banyak hal yang harus diperhatikan saat membuat giveaway. Kalian harus tau cara memikat audience dan apa yang membuat giveaway itu sendiri menarik. 5 Steps of Engaging Giveaway bisa banget ni jadi acuan kalian untuk membuat giveaway yang menarik dan berkualitas.

Giveaway bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan engagement dengan audience, yuk dicoba!

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store