Optimalin Meja Kantormu ala Marie Kondo

Image for post
Image for post

Kalo lagi baca artikel ini di meja kerja, coba deh lihat kanan kiri kalian, hitung berapa kertas tisu bekas pake, berapa botol bekas minuman yang males dibuang, lalu kertas dokumen atau invoice 5 bulan lalu yang sebenernya udah nggak dipake tapi takut membuangnya karena khawatir nantinya masih kepake, atau bisa jadi ada benda-benda nggak penting lainnya yang tercecer di meja kerja kalian. Kalau emang barang-barang itu menyertai hidup kalian selama kalian bekerja, mungkin sekarang saatnya kalian katakan “putus” sama mereka dan mulai kebiasaan baru yaitu berbenah atau de-clutter lah istilah kerennya.

Pernah denger nama Marie Kondo? Itu lho sosok yang akhir-akhir ini mulai rame di medsos. Kalo pernah, kemungkinan sekarang kalian mulai sadar kalo meja kerja kalian butuh dibenahi tapi bagi kalian yang belum kenal Marie Kondo mungkin cuma menganggap dia sebagai seorang ahli berbenah biasa dari negara sakura, Jepang and that’s it, nothing else.

Eits, tunggu dulu… dia bukan sekedar ahli berbenah yang kalian kira asisten rumah tangga kebanyakan yang kerjaanya tiap hari berbenah rumah dari depan sampe belakang, she is different! basic-nya dia adalah seorang penulis dari Jepang yang kini tinggal di Amerika Serikat. Terpikat pada dunia organizing sejak kecil, Marie Kondo memulai bisnis tidying consultant sendiri saat berusia 19 tahun hingga ekarang Marie Kondo dikenal sebagai dewi kerapihan dan kebersihan, nggak cuma di Jepang aja tapi di seluruh dunia berkat buku-buku “berbenah” yang ditulisnya yang sukses menjadi best-seller. Nama Marie Kondo makin dikenal dunia sejak Netflix membuat acara khusus tentang Marie Kondo yang membantu merapikan kamar atau rumah orang lain yang kondisinya) super duper berantakan.

Berbekal Ilmu dan pengalamannya, Marie Kondo menciptakan Konmari Method, suatu metode atau cara baru dalam berbenah, dimana menurut Marie Kondo, cara terbaik untuk merapikan sesuatu adalah bukan bedasarkan tempatnya tapi berdasarkan kategori dari barang yang ingin dibenahi. Konmari Method, juga mempunyai urutan barang mana dulu yang harus dirapikan, mulai dari pakaian, buku, kertas, barang pernak pernik, sampai akhirnya barang sentimental. Lalu dia juga menerapkan pakem jika barang tersebut tidak menimbulkan kebahagiaan, langsung buang aja! Dan satu lagi yang ikonik dari Marie Kondo, tagline-nya “Does this thing sparks joy?” yang sampe dijadikan meme’s di media sosial.

Nah, sedikit banyak udah nggak asing dong sama Marie Kondo? Berikut ada beberapa tips langsung dari si ahli untuk kalian yang meja kerjanya cukup bisa dibilang seperti kapal pecah, yuk simak!

1. Visualisasiin tempat bekerja yang paling nyaman untukmu, menurut gayamu.

Sebenarnya alasan kalian berbenah itu apa sih? Kalau kalian jawab “biar bersih aja” Marie Kondo rada nggak setuju tuh. Dia percaya kalo tujuan sebenarnya kalian berbenah adalah supaya kalian senang alias happy. Marie Kondo selalu menerapkan 1 pemikiran saat dia merapikan sesuatu. Dia selalu berpikir “Does this thing sparks joy?” kalo jawabannya nggak, langsung deh buang barang-barang itu ke tong sampah. Intinya adalah Marie Kondo ingin mengingatkan kalau saat kalian merapikan barang, rapikan sesuai yang kalian mau dan buat diri nyaman & bahagia, bukannya sekedar buat bersih aja.

2. Lawan masa lalumu untuk melompat ke masa depan.

Berat banget nggak sih bahasanya? Buat seorang Marie Kondo, berbenah bukan sebuah hal gampang yang setiap hari menjadi rutinitas. Menurut dia, nggak jarang saat orang sedang berbenah menemukan sebuah memento masa lalu yang bikin dia kangen. Itu lah alasan kenapa Marie Kondo menyarankan untuk membereskan pernak-pernik kenangan kalian di urutan paling akhir, supaya kalian tidak terjebak dengan masa lalu. Bisa jadi kalian nemuin surat dari mantan, eh malah jadi galau dan nggak mood lagi untuk lanjut berbenah. Memento masa lalu memang penting, tapi apakah itu membuat kalian bahagia sekarang dan kedepannya? jika kalian jawab nggak, tong sampah masih bisa kok nampung memento-memento kalian lainnya.

3. Hanya taruh barang-barang yang penting dan yang kalian suka.

Setelah kalian selesai berbenah dan ingin menaruh barang-barang ke meja lagi, buat prioritas dimana kalian hanya boleh menaruh barang-barang yang menurut kalian penting dan memang kalian suka, jangan menaruh pernak-pernik hanya untuk membuat meja kalian terlihat penuh atau karena barangnya lucu dan gemesin. Marie Kondo pernah cerita kalo alah satu kliennya sadar bahwa buku-buku yang dia simpan semuanya tentang pelayanan sosial hingga akhirnya klien tersebut resign dari pekerjaan IT-nya dan membuat usaha babysitter yang ternyata sukses.

Gimana, udah mulai terinspirasi Konmari Method? Kalo udah, itu tandanya kalian ready to bring out your inner Marie Kondo! Jangan jadiin meja kerja kalian yang berantakan sebagai halangan saat kalian bekerja. Inget, meja kerja yang bersih menandakan pikiran yang kosong dari stress. Have a good day!

Written by

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store