Tiktok merajalela, 2020 tahunnya Tiktok?

Image for post
Image for post

Para Tiktokers mohon merapat! hari ini kita mau sharing dan ngebahas aplikasi penghibur dikala pandemi. Kita sudah cukup sering dan familiar mendengar nama aplikasi TikTok. TikTok adalah content distribution platform dengan format video, pengguna bisa membuat video di TikTok dengan menggunakan berbagai efek, musik, dan stiker yang tersedia. Pada tahun 2020 nama aplikasi Tiktok melambung dan menjadi salah satu platform yang dilirik oleh banyak orang, kamu salah satunya nggak?. Tapi kalian sadar nggak si banyak brand dan perusahaan menggunakan Tiktok sebagai salah satu strategi marketingnya? Banyak brand dan perusahaan yang meng-endorse artis Tiktok atau bahkan memiliki akun Tiktok. Tapi apakah Tiktok merupakan platform yang efektif untuk melakukan marketing? Yuk kita bahas!

The Evolution of Search Interest in TikTok “Search Term”

Image for post
Image for post

Source: Google Trends

Kepopuleran aplikasi ini juga dapat dilihat dari kenaikan ratingnya. Tiktok menjadi aplikasi dengan peringkat nomor 6 pada Google App Store dan peringkat 3 di Apple Store. Hal ini menunjukan tingkat antusiasme masyarakat indonesia yang sangat tinggi terhadap aplikasi Tiktok. Tiktok bahkan ngalahin aplikasi sosial media lainnya yang sudah lebih dulu ada.

Image for post
Image for post

Dari data-data dan jumlah pencarian, keliatan ya kalau Tiktok adalah salah satu aplikasi yang sangat booming di tahun 2020 ini, apalagi hal ini juga sebenarnya ada kaitannya dengan pandemi yang menyebabkan keharusan orang-orang untuk tetap berada dirumah dan melakukan semua aktifitas di rumah selama berbulan-bulan. Gara gara jenuh, orng-orang pada butuh hiburan dan akhirnya menjadikan Tiktok sebagai solusinya.

Konten-konten Tiktok yang beragam juga tidak hanya menyebar di aplikasinya sendiri melainkan tersebar di platform lainnya seperti Twitter dan Instagram. Dari awal tahun 2020 sampai Oktober saja percakapan mengenai Tiktok di Twitter sudah menyentuh angka 1,6 juta percakapan. Terbukti ya kalau Tiktok sudah cukup mengambil hati para netizen. Jadi bisa aja konten Tiktok yang kalian buat tersebar di aplikasi sosial media lainnya.

Image for post
Image for post

Tiktok merupakan platform yang cukup potensial untuk menjadi tempat yang dapat mendukung marketing strategy kalian. Salah satu contoh yang terlihat dan berhasil adalah industri musik yang sukses memanfaatkan platform Tiktok dan membantu banyak musician menjadi terkenal. Salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah lagu Old Town dari Lil Nas X yang viral. Mungkin sebelum lagu ini viral di Tiktok, tidak banyak orang yang tau tentang lagu ini yaaa. Here comes Tiktok! Tiktok membuat lagu ini menjadi dikenal di seluruh dunia. Lagu ini terkenal karena menjadi backsound dari konten yang sangat terkenal di Tiktok. Terdapat lebih dari 1,5 juta variasi video dengan backsound lagu ini. Nggak cuma Lil Nas X dengan lagu Old Town, banyak lagu yang viral karena keberadaanya di Tiktok, seperti Zico dengan lagu Any Song, Natalie Taylor dengan lagu Surrender, dan beberapa lagu dari Doja Cat.

Image for post
Image for post

Tunggu dulu, kejadian kaya gini nggak cuma terjadi dengan lagu dan musisi luar negri aja. Banyak lagu dan musisi indonesia yang viral berkat Tiktok, salah satunya adalah lagu DJ Aisyah Jatuh Cinta Pada Jamilah, Goyang Mama Muda, Goyang Ubur-Ubur Niki dengan lagu Lose, Marion Jola dengan lagu Aduh. Bahkan ada juga lho lagu-lagu lama yang mulai naik daun lagi karena dipakai sebagai backsound konten Tiktok seperti lagu Kopi Dangdut

Image for post
Image for post

Nggak cuma lagu dan artis, banyak perusahaan melakukan promosi produk untuk meningkatkan awareness melalui Tiktok. Perusahaan-perusahaan tersebut melakukan promosi dengan membuat challenge, meng-endorse atau bahkan menyebarkan campaign berbentuk hashtag (#). Banyak cara perusahaan untuk memikat audience melalui aplikasi Tiktok, strategi marketing melalui Tiktok dikatakan merupakan cara yang efektif, dapat meningkatkan pertumbuhan brand atau setidaknya dapat dilakukan untuk promosi.

Berdasarkan data-data yang ada terbukti yaaa kalau Tiktok adalah salah satu aplikasi yang booming tahun 2020 dan nggak cuma jadi sarana penghibur saat pandemi tapi juga bisa jadi sarana untuk marketing brand kalian. Data-data itu membuktikan kalau Tiktok dapat menjadi platform yang digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa yang kalian punya, siapa tau jadi viral kaya lagu Lil Nas X, ya nggak?

Meskipun Tiktok bisa digunakan menjadi sarana marketing brand, menjadi viral nggak gampang lho. Kalian harus buat konten yang menarik dan beda dari yang lain. Good luck untuk kalian yang mau mencoba!

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store